Pasar Rakyat Tani 2015 Bogor, 15 Maret 2015

« Back

Pasar Rakyat Tani 2015 Bogor, 15 Maret 2015

AgriSocio didukung oleh Ikatan Keluarga Alumni Faperta (IKAF), Perusahaan Gas Negara (PGN), dan SEAFAST Center telah sukses menyelenggarakan Pasar Rakyat Tani 2015 pada hari Minggu, 15 Maret 2015. Sebuah acara yang dirancang seperti pasar tradisional pada umumnya, namun tertata rapi dan bersih. Uniknya, pasar ini tidak hanya menyediakan produk segar dan olahan, tapi juga menjadi sarana terjadinya ikatan bisnis yang jelas antara petani atau produsen dengan pembelinya. Kegiatan ini juga menjadi puncak acara Youth Agricultural Social Entrepreneurs (YASE), sebuah ajang lomba adu ide bisnis antara wirausahawan muda se-Jawa Barat dengan tema "Pembangunan Pertanian yang berkelanjutan melalui Wirausaha Sosial ". Acara serupa akan dilakukan selanjutnya pada tanggal 29-30 Agustus 2015.

Acara yang kali kedua dilaksanakan ini diresmikan dengan pelepasan balon dan seratus burung ke udara oleh Bapak Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Perdagangan 2011-2014) dan Bapak Herry Suhardiyanto (Rektor Institut Pertanian Bogor). Pasar Rakyat Tani 2015 terdiri atas beberapa rangkaian acara, yaitu

  1. Pasar Tani,
  2. Hiburan yang bertemakan "Semua tentang Indonesia",
  3. Youth Agricultural Social Entrepreneurs (YASE),
  4. Business Match-Up.

Pasar Tani mengumpulkan 47 supplier yang menyediakan berbagai komoditas pertanian, seperti, sayur-sayuran, buah-buahan, pangan, tanaman, daging, seafood, telur, rempah, dan makanan siap saji. Sejak pagi hari, pasar tani ramai dikunjungi masyarakat. Hiburan yang bertemakan"Semua tentang Indonesia" dimeriahkan oleh penampilan dari siswa SDN polisi 4 Bogor dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor menampilkan beberapa tari daerah. Lalu, Youth Agricultural Social Enterpreneur, lomba proposal bisnis bidang pertanian untuk mahasiswa/mahasiswi D3 dan S1 se-Jawa Barat yang berhasil dimenangkan oleh timTaybaChoco, "Minuman cokelat berlevel kepekatan pertama di Di Indonesia". Terakhir, Business Match Up, AgriSocio bertindak sebagai mediator dalam mempertemukan supplier dengan para calon buyer. Transaksi terlaksana lancar dan sukses antara supplier dan buyer. Supplier pun mampu meraup keuntungan bersih yang cukup besar.

Pasar Rakyat Tani 2015 juga menghasilkan beberapa goal lainnya.Pertama, launching program kolaborasi AgriSocio dengan seluruh organisasi mahasiswa IPB. AgriSocio merangkul seluruh organisasi mahasiswa IPB untuk terlibat kegiatan pembangunan pertanian melalui pemuda. Selain itu, Launching produk terbaru AgriSocio “KingChips”, “KingChips” adalah sejenis keripik yang berbahan dasar singkong dengan tambahan beberapa bumbu-bumbu. Produk pemberdayaan AgriSocio terhadap beberapa ibu-ibu di Desa Cibanteng.“KingChips” sudah hampir mulai memasuki pasar ekspor, karena ada respon positif saat AgriSocio mengikuti salah satu expo di Singapura.

Respon positif dari masyarakat, seperti, sponsor, supplier, buyer, dan para pengunjung memberi dukungan kuat untuk diselenggarakannya kembali Pasar Rakyat Tani.Pasar Rakyat Tani merupakan salah satu event yang cukup efektif membantu menyelesaikan permasalahan petani (supplier) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Pasar Rakyat Tani diharapkan menjadi budaya dan event yang dinanti-nantikan oleh masyarakat, karena di acara ini petani dapat menjual langsung produknya ke konsumen, konsumen dapat membeli produk pertanian berkualitas dengan harga yang murah. Acara ini juga menjadi tempat generasi muda berkontribusi, belajar, dan memandang pertanian sebagai masa depan yang cerah. Kegiatan Pasar Rakyat Tani selanjutnya akan dilaksanakan 29-30 Agustus 2015. Kami mengundang seluruh elemen masyarakat yang berkepentingan untuk bergabung bersama kami.(Alfi Irfan  CEO AgriSocio)